Loading...
4/04/2012

Penyebab HP Android Boros Batere

Hal yang sering menjadi masalah dan keluhan pengguna ponsel android adalah daya batere cepat habis. Hal ini sering membuat kesal pengguna hp android, terutama mereka yang memiliki aktivitas cukup mobile. Sehingga tak jarang pengguna ponsel android ini harus menyediakan charger mobile untuk selalu menggunakan ponsel android kesanganya. Terlepas bagaimana cara mengatasinya (salah satunya adalah dengan menggunakan tips menghemat batere hp android pada artikel yang kami tuliskan) sebagai pengguna android kita sebaiknya mengetahui mengapa ponsel android boros terhadap daya batere?

Di bawah ini adalah beberapa penyebab konsumsi daya batere yang membuat ponsel android tidak hemat batere:

Ponsel android selalu terhubung ke internet
Pada saat ponsel Android terkoneksi dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi, maka ponsel android membutuhkan daya batere yang lebih besar. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai.

Sinyal lemah dan tidak stabil
Kondisi sinyal jaringan telepon yang tidak menentu alias tidak stabil semakin memperparah daya tahan baterai Android. Jika sinyal seluler lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu sinyal yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses internet, dan melakukan sinkronisasi

Spesifikasi
Umumnya ponsel android memiliki spesifikasi yng lebih dibandingkan ponsel dengan sistem operasi lain (pada kisaran harga yang sama). Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dan lainnya.

Aplikasi
Aplikasi yang terinstall pada handphone Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan kurang baik (bad code). Oleh karena itu, jika Anda menginstall sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut sering hang dan memunculkan notifikasi force close, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut.

Background process
Aplikasi yang berjalan di background namun masih banyak menggunakan CPU (processor) juga akan membuat baterai ponsel lebih boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background namun menghabiskan baterai dapat menggunakan aplikasi sejenis task manager

Theme dan wallpaper
Selain itu, aplikasi-aplikasi yang menampilkan animasi, misalnya launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU dibuat bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.

Waktu pemakaian
Perilaku pengguna handphone Android juga merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar borosnya baterai Android. sebab dengan hadirnya fitur canggih yang tertanam pada ponsel tersebut maka pengguna akan cenderung menggunakannya secara terus menerus tanpa sadar bahwa aktifitas ini akan menguras baterai android anda.

 
TOP