Loading...
4/05/2012

Cara Mudah Hemat Batere Ponsel Android Tanpa Aplikasi

Salah satu kelebihan Ponsel Android adalah kita dapat mengginstall dan menggunakan aplikasi sesuai keinginan kita. Namun, kelebihan HP android yang selalu terhubung ke internet tersebut yang seringkali menjadikan daya batere lebih cepat habis. Hal ini mungkin juga terjadi pada ponsel android Anda, yang acap membuat jengkel tentunya. Nah, untuk membuat ponsel atau HP Android anda hemat batere alias daya batere menjadi awet, beberapa tips berikut adalah cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk membuat hp android Anda hemat baterai dan tahan lama

1.  Alihkan Koneksi
Sinyal internet (baik HSDPA, 3G) yang tidak stabil ketika diterima di HP android kita akan membuat ponsel android bekerja keras dalam mencari signal, sehingga dapat menguras daya batere. Untuk lebih menghemat daya baterai sebaiknya saat kita dalam lokasi HotSpot, kita dapat mematikan koneksi selular kita dan mengkoneksikan hp android dengan WiFi yang tersedia. Seperti dirumah, kantor atau mall, kapanpun ada WiFi maaka alihkanlah jaringan internet ke koneksi WiFi. Selain menghemat batere, koneksi Wifi umumnya lebih cepat dibanding dengan selular, sehingga hp android Anda akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk “load” saat Anda browsing atau memakai aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

2. Matikan WiFi & Bluetooth
Hal ini sering terlewat oleh para pengguna hp android, yaitu mematikan WiFi. Saat tidak memerlukan koneki WiFi sebaiknya kita mematikan koneksi WiFi kita. Karena bila WiFi hidup maka hp android kita akan terus aktif mencari sinyal WiFi dan hal ini akan membuat terkurasnya baterai hp android. Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, fasiltas untuk kita dapat bertukar data ini sebaiknya dimatikan bila kita tidak sedang memerlukannya.

3. Matikan GPS
Fasilitas GPS pada hp android memang sangat berguna untuk mencari jalan, peta ataupun koordinat. Namun pemakaian GPS tidaklah terlalu sering, maka matikanlah fasilitas GPS hp android Anda, dan hidupkan hanya bila Anda memerlukannya.

4. Mematikan Fitur Sync
Hp android memang dirancang untuk memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun bila Anda sedang tidak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau diperjalanan maka sebaiknya matikan fitur sync ini, namun konsekuensinya Anda tidak akan menerima notifikasi-notifikasi tersebut.

5. Mengecilkan Brigtness Layar
Keindahan hp android adalah pada layarnya yang memberikan Anda warna nyata nan menabjubkan apalagi bila hp Anda seperti Samsung Galaxy terbaru yang sudah memakai teknologi Super Amoled. Namun, layar hebat ini termasuk faktor terbesar baterai hp android Anda terkuras, jadi rendahkanlah pada kondisi gelap dan naikan sedikit saja bila kondisi ruag terlalu terang.

6. Kecilkan Volume & Matikan Getar
Untuk point yang satu ini mungkin sangat umum digunakan pada semua ponsel, hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada hp dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

Next
This is the most recent post.
Posting Lama
 
TOP